Data dan Internet Of Things - Memperkirakan Pertumbuhan Eksponensial

Ada dua jenis pertumbuhan: pertumbuhan linier dan pertumbuhan eksponensial. Tidak sulit untuk memahami pertumbuhan linier. Misalnya, jika seseorang bertambah ¼ kilogram setiap bulan, maka dalam satu tahun dia akan bertambah tiga kilogram. Dalam dua tahun, dia akan bertambah enam kilogram.

Gambar 1. Doubling Amount Saved Every Month

Pertumbuhan eksponensial jauh lebih dramatis daripada pertumbuhan linier. Misalnya, jika seseorang menabung $1 sebulan, $2 bulan berikutnya, $4 bulan berikutnya, $8 bulan berikutnya, terus menggandakan jumlah tabungan setiap bulan, berapa lama orang ini menjadi jutawan? Jika Anda mencobanya dengan kalkulator, Anda akan melihat bahwa pada bulan ke-12 orang tersebut telah menabung $2.048, dan $4.096 pada bulan berikutnya. Delapan bulan kemudian, orang tersebut akan menjadi jutawan, dengan asumsi bahwa tabungan sedikit lebih dari setengah juta dapat ditemukan selama bulan ke-20. (Gambar 1).

Legenda lama juga menunjukkan konsep pertumbuhan eksponensial. Penemu catur menunjukkan permainan itu kepada rajanya, yang sangat senang sehingga dia menyuruh penemu untuk menyebutkan hadiahnya untuk penemuan itu. Penemu meminta untuk kotak pertama papan catur, dia akan menerima satu butir gandum, dua butir untuk yang kedua, empat butir untuk yang ketiga, menggandakan jumlahnya setiap kali. Raja dengan cepat mengabulkan permintaan sederhana ini. Namun, bendahara menjelaskan bahwa dibutuhkan lebih dari semua aset yang dimiliki kerajaan untuk memberikan hadiah kepada penemunya. Cerita diakhiri dengan penemu menjadi raja baru.

Bayangkan setiap butir gandum setara dengan satu byte data. Jika demikian, maka jumlah byte akan mencapai lebih dari sembilan exabyte di kotak terakhir papan catur, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2. Satu exabyte kira-kira sama dengan 1,07 miliar gigabyte. Sembilan exabyte kira-kira setara dengan jumlah lalu lintas Internet untuk tahun 2014. Ini juga setara dengan jumlah lalu lintas IP global yang terjadi dalam tiga hari di tahun 2015. Pada tahun 2016, 88,7 exabyte melintasi Internet global setiap bulan.

Techy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ARTTechy Pranav PKD ART